KOMPETENSI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN (Studi Multisitus di SD Islam Sunan Giri Ngunut dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung)

MIFTAHUL HUDA, 17505164028 (2019) KOMPETENSI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN (Studi Multisitus di SD Islam Sunan Giri Ngunut dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (345kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (508kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Multisitus Di SD Islam Sunan Giri Ngunut dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Miftahul Huda dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag dan Dr. Chusnul Chotimah, M. Ag Kata Kunci: Kompetensi Guru, Mutu Pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukan penurunan kualitas dalam dunia pendidikan sekarang ini. Banyak guru yang kurang menguasai kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial yang merupakan dasar dari proses pembelajaran. Kualitas pendidik yang masih rendah sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.Untuk menghadapi tantangan tersebut guru harus secara terus menerus belajar sebagai upaya untuk mengembangkan kompetensi yang dimilikinya Fokus dari penelitian tesis ini adalah: 1) Bagaimana Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD Islam Sunan Giri Ngunut dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol?. 2) Bagaimana Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD Islam Sunan Giri Ngunut dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol?. 3) Bagaimana Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran SD Islam Sunan Giri Ngunut dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol?. 4) Bagaimana Kompetensi Sosial Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD Islam Sunan Giri Ngunut dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol? Penelitian ini dilakukan di dua lokasi penelitian yaitu SD Islam Sunan Giri Ngunut dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Orientasi teoritis yang digunakan bertumpu pada pendekatan studi fenomenologi dengan menggunakan kajian multi situs. Data dan sumber data : 1. Primer: kepala sekolah, guru, staf dan peserta didik. 2. Sekunder: dokumentasi, serta arsip-arsip. Pengumpulan data penelitihan ini dengan observasi partisipan, wawancara mendalam serta teknik dokumentasi.Pengecekan data kembali dengan triangulasi, prosedur pengungkapan data mengenai kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran.Untuk analisis data, peneliti mengumpulkan data kemudian reduksi data, penyajian data selanjutnya menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini, peneliti menunjukan bahwa : 1) Kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDI Sunan Giri dan SDI Bayanul Azhar meliputi kompetensi dalam hal penyusunan perangkat pembelajaran, mengembangkan kurikulum, meningkatkan SDM melalui workshop, penggunaan model dan metode, media serta pemilihan materi ajar yangsesuai dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik. 2) Kompetensi profesinal guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDI Sunan Giri dan SDI Bayanul Azhar meliputi kompetensi dalam hal penguasaan materi, pengorganisasian materi, penyampaian materi serta pengelolaan pembelajaran. 3) Kompetensi kepribadian guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDI Sunan Giri dan SDI Bayanul Azhar meliputi kompetensi dalam hal memberikan suri tauladan yang baik, sikap disiplin dan tanggung jawab guru dalam melaksanakan tugasnya. 4) Kompetensi sosial yang dimiliki guru ditunjukan dengan jalinan komunikasi guru dengan peserta didik melalui kegiatan belajar mengajar, serta kegiatan diluar kelas melalui kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan lainnya. Jalinan komunikasi guru dengan orang tua melalui pertemuan setiap minggunya dan tiap semester. Hal ini bertujuan mempererat jalinan komunikasi antara guru dengan orang tua dan sebagai sarana untuk mengetahui perkembangan peserta didik yang memiliki tujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 17505164028 MIFTAHUL HUDA
Date Deposited: 14 Mar 2019 07:29
Last Modified: 14 Mar 2019 07:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10307

Actions (login required)

View Item View Item