Kreativitas Guru Fiqih Dalam Penggunaan Metode Pembelajaran di MTs Al-Ma'arif Tulungagung

Akbar Saktyatama Aji Putra, 17201153032 (2019) Kreativitas Guru Fiqih Dalam Penggunaan Metode Pembelajaran di MTs Al-Ma'arif Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
cover..pdf

Download (552kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (427kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (762kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DARFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Fiqih dalam Penggunaan Metode Pembelajaran di MTs Al-Ma’arif Tulungagung” ini ditulis oleh Akbar Saktyatama Aji Putra, NIM. 17201153032, pembimbing Drs. H. Muh. Kharis, M.Pd. Kata kunci: Kreativitas Guru Fiqih, Metode Pembelajaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan peserta didik terhadap pelajaran Fiqih. Dengan kurangnya pengetahuan peserta didik terhadap pelajaran Fiqih ini, berarti menunjukkan bahwa kurang kreatifnya guru dalam menggunakan metode pembelajaran. Sehingga menyebabkan aspek kognitif peserta didik terhadap pelajaran Fiqih kurang. Dalam hal ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana kreativitas guru Fiqih dalam penggunaan metode pembelajaran. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru Fiqih dalam penggunaan metode ceramah di MTs Al-Ma’arif Tulungagung? (2) Bagaimana kreativitas guru Fiqih dalam penggunaan metode tanya jawab di MTs Al-Ma’arif Tulungagung? (3) Bagimana kreativitas guru Fiqih dalam penggunaan metode demonstrasi di MTs Al-Ma’arif Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kreativitas guru Fiqih dalam penggunaan metode ceramah di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. (2) Untuk mengetahui kreativiutas guru Fiqih dalam penggunaan metode tanya jawab di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. (3) Untuk mengetahui kreativitas guru Fiqih dalam penggunaan metode demonstrasi di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MTs Al-Ma’arif Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka menentukan kebijakan kepada para guru untuk bisa mempunyai kreativitas dalam proses pembelajarannya. Bagi guru MTs Al-Ma’arif Tulungagung sebagai masukan bahan agar guru lebih meningkatkan kreativitas dalam penggunaaan metode pembelajaran. Bagi peserta didik bahan kajian dan renungan siswa di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Bagi peneliti berikutnya diharapkan hasil penelitian dapat dijadikan tambahan referensi dan masukan yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Skripsi ini disusun berdasarkan data di lapangan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data utama adalah guru fiqih. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Dalam penelitian ini pengumpulan data di lapangan dengan mengunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi Hasil penelitian: (1) Kreativitas guru Fiqih dalam penggunaan metode ceramah yaitu guru menggunakan ceramah ilmiah dengan cara di buat cerita yang menarik dengan diselingi bahasa campuran dan humor. (2) Kreativitas guru Fiqih dalam penggunaan metode tanya jawab yaitu guru memberikan reward berupa point dan tambahan uang. (3) Kreativitas guru Fiqih dalam penggunaan metode demonstrasi yaitu guru mengajak peserta didik ke luar kelas tepatnya di mushola untuk mempraktekan sujud syukur dan sujud tilawah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahasiswa 17201153032 AKBAR SAKTYATAMA AJI PUTRA
Date Deposited: 18 Mar 2019 06:49
Last Modified: 18 Mar 2019 06:49
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10276

Actions (login required)

View Item View Item