Kemampuan Koneksi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Phytagoras Siswa Kelas VIII SMPN 2 Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018

Angga Prasetyo F, 1724143026 (2019) Kemampuan Koneksi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Phytagoras Siswa Kelas VIII SMPN 2 Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
a. COVER.pdf

Download (769kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (386kB)
[img] Text
c. Daftar isi.pdf

Download (944kB)
[img] Text
d. BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
e. BAB II.pdf

Download (776kB)
[img] Text
f. BAB III.pdf

Download (184kB)
[img] Text
g. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
h. BAB V.pdf

Download (369kB)
[img] Text
i. BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
j. Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kamampuan siswa dalam mengkaitkan materi matematika secara terpisah-pisah. Dengan demikian peneliti mengangkat tema koneksi matematis, dimana koneksi matematis adalah menyelesaikan masalah dengan menggunakan grafik, hitungan numerik, aljabar, dan representasi verbal, menyadari hubungan antar topik matematika, menerapkan konsep dan prosedur yang telah diperoleh pada situasi baru, memperluas ide-ide matematika. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan kemampuan koneksi matematis dalam mengerjakan soal cerita materi Pytagoras pada siswa yang berkemampuan tinggi kelas VIII SMPN 2 Gondang Tulungagung tahun ajaran 2017/2018, (2) untuk mendiskripsikan kemampuan koneksi matematis dalam mengerjakan soal cerita materi Pytagoras pada siswa yang berkemampuan sedang kelas VIII SMPN 2 Gondang Tulungagung tahun ajaran 2017/2018, (3) untuk mendiskripsikan kemampuan koneksi matematis dalam mengerjakan soal cerita materi Pytagoras pada siswa yang berkemampuan rendah kelas VIII SMPN 2 Gondang Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Metode Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SMPN 2 Gondang Tulungagung.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Tes tertulis tersebut diikuti siswa kelas VIII-F dengan 5 butir soal. Kemudian dipilih 6 siswa menjadi subjek penelitian yang mewakili jenjang kemampuan tinggi, sedang, rendah, selanjutnya observasi dan dokumentasi sebagai data penunjang. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa berkemampuan tinggi kelas VIII SMPN 2 Gondang Tulungagung dapat memenuhi semua indikator koneksi matematis yakni menyelesaikan masalah dengan menggunakan grafik, hitungan numerik, aljabar, dan representasi verbal, menyadari hubungan antar topik matematika, menerapkan konsep dan prosedur yang telah diperoleh pada situasi baru, memperluas ide-ide matematika, (2) siswa berkemampuan sedang kelas VIII SMPN 2 Gondang Tulungagung dapat memenuhi semua indikator koneksi matematis yakni menyelesaikan masalah dengan menggunakan grafik, hitungan numerik, aljabar, dan representasi verbal, menyadari hubungan antar topik matematika, menerapkan konsep dan prosedur yang telah diperoleh pada situasi baru, memperluas ide-ide matematika, (3) siswa berkemampuan rendah belum bisa mengaitkan informasi yang ada pada soal untuk menemukan jawaban yang sesuai dan tidak memenuhi indikator koneksi matematis yakni menyelesaikan masalah dengan menggunakan grafik, hitungan numerik, aljabar, dan representasi verbal, menyadari hubungan antar topik matematika, menerapkan konsep dan prosedur yang telah diperoleh pada situasi baru, memperluas ide-ide matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143026 Angga Prasetyo F
Date Deposited: 27 Feb 2019 03:34
Last Modified: 27 Feb 2019 03:34
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10256

Actions (login required)

View Item View Item