PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN 1 TULUNGAGUNG DAN MAN 1 TRENGGALEK.

NURWIYANTI, 17506164053 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN 1 TULUNGAGUNG DAN MAN 1 TRENGGALEK. [ Thesis ]

[img] Text
COVER(1).pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK(1).pdf

Download (562kB)
[img] Text
DAFTAR ISI(1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1(1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2(1).pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 3(1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4(1).pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 5(1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 6(1).pdf

Download (466kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKAA(1).pdf

Download (364kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “ Pengaruh Penggunaan Multimedia dan Motivasi Belajar Siswa MAN 1 Tulungagung dan MAN 1 Trenggalek “ ini ditulis oleh Nurwiyanti, NIM 17506164053. Pendidikan Agama Islam (PAI), tahun 2018 dibimbing oleh Dr. H. Prim Masrokan .M , M.Pd dan Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci : Penggunaan Multimedia, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh kurangnya semangat para guru untuk menggunakan media dalam pembelajaran khususnya penggunaan Multimedia. Adanya gejala guru yang dalam kegiatan Belajar mengajarnya masih banyak yang menggunakan metode ceramah saja, guru yang mengajarnya tidak mempunyai persiapan mengajar atau persiapan mengajarnya kurang lengkap. Rendahnya motivasi belajar siswa sehingga banyak sekali siswa yang kurang dalam meraih prestasi disekolah, sehingga peneliti ingin meneliti pengaruh antara penggunaan multimedia dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa disekolah. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah (1) Bagaimana pengaruh Penggunaan Multimedia terhadap Prestasi Belajar siswa MAN 1 Tulungagung dan MAN 1 Trenggalek? (2) Bagaimana pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa MAN 1 Tulungagung dan MAN 1 Trenggalek? (3) Bagaimana pengaruh Penggunaan Multimedia dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa MAN 1 Tulungagung dan MAN 1 Trenggalek. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deduktif dengan jenis penelitian kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 1Tulungagung dan MAN 1 Trenggalek. Kemudian dengan teknik Random Sampling dipilih dengan populasi sebanyak 2243 siswa. Dalam penelitian ini jumlah sampel berdasarkan tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu yang dikembangkan oleh Issac dan Michael dengan taraf kesalahan 10% yaitu sebanyak 243 siswa. pengumpulan data dilakukan dengan instrument angket. Analisis data dan uji Hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana, regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan multimedia terhadap prestasi belajar siswa di MAN 1 Tulungagung dan MAN 1 Trenggalek sebesar 22%. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa didi MAN 1 Tulungagung dan MAN 1 Trenggalek sebesar 23%. (3) Berdasarkan uji hipotesis pada bab sebelumnya penggunaan multimedia memberikan kontribusi 22% terhadap prestasi belajar siswa dan motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 23% terhadap prestasi belajar siswa. Secara bersama- sama penggunaan multimedia dan motivasi belajar siswa mampu menerangkan atau memprediksi nilai variable terikat prestasi belajar siswa sebesar 43%.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: TESIS 17506164053 NURWIYANTI
Date Deposited: 26 Feb 2019 06:32
Last Modified: 26 Feb 2019 06:32
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10252

Actions (login required)

View Item View Item