PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PEMBIAYAAN IJARAH MUNTAHIYA BIT TAMLIK DI BAITUT TAMWIL MUHAMMADIYAH SURYA MADINAH TULUNGAGUNG

LAILATUL BADRIYAH, 17401153120 (2019) PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PEMBIAYAAN IJARAH MUNTAHIYA BIT TAMLIK DI BAITUT TAMWIL MUHAMMADIYAH SURYA MADINAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (572kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Relationship Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Anggota Pembiayaan Ijarah Muntahiya Bit Tamlik di Baitut Tamwil Muhammadiyah Surya Madinah Tulungagung” ditulis oleh Lailatul Badriyah, NIM 17401153120, pembimbing Jusuf Bachtiar, S.S, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pesatnya perkembangan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) sebagai pilihan alternatif selain bank dalam melakukan transaksi keuangan, khususnya di daerah Tulungagung. Dalam rangka untuk meningkatkan loyalitas anggota pembiayaan ijarah muntahiya bit tamlik, BTM Surya Madinah selalu berusaha untuk melayani kebutuhan masyarakat secara luas dan menyeluruh melalui relationship marketing dan kualitas pelayanan yang telah dimilikinya. Pada saat ini banyaknya persaingan antara lembaga keuangan dan kedisiplinan anggota pembiayaan akan memicu berkembang atau tidaknya lembaga keuangan tersebut. Permasalahan yang dirumuskan oleh peneliti terdapat 3 pertanyaan : (1) apakah relationship marketing berpengaruh terhadap loyalitas anggota pembiayaan ijarah muntahiya bit tamlik (2) apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas anggota pembiayaan ijarah muntahiya bit tamlik (3) apakah relationship marketing dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas anggota pembiayaan ijarah muntahiya bit tamlik. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis asosiatif. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner, teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling, skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert, teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas data, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas), uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis (uji F dan uji t). Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 93 anggota pembiayaan ijarah muntahiya bit tamlik BTM Surya Madinah. Selanjutnya data diolah melalui SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (1) relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota pembiayaan ijarah muntahiya bit tamlik (2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota pembiayaan ijarah muntahiya bit tamlik (3) relationship marketing dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota pembiayaan ijarah muntahiya bit tamlik. Kata kunci : Relationsip Marketing, Kualitas Pelayanan, dan Loyalitas Anggota Pembiayaan Ijarah Muntahiya Bit Tamlik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401153120 LAILATUL BADRIYAH
Date Deposited: 19 Feb 2019 03:33
Last Modified: 02 Apr 2020 12:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10232

Actions (login required)

View Item View Item