IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI TULUNGAGUNG (Studi Kasus di Konveksi Cahaya Baru Java & Konveksi Cinta Bunda)

LIA PIPIT ANGGRAINI, 1758154006 (2019) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI TULUNGAGUNG (Studi Kasus di Konveksi Cahaya Baru Java & Konveksi Cinta Bunda). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (638kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan Pada Usaha Mkro Kecil Menengah di Tulungagung (Studi Kasus di Konveksi Cahaya Baru Java dan Konveksi Cinta Bunda)” ini ditulis oleh Lia Pipit Anggraini dengan dibimbing oleh Dr. Nur Aini Latifah, SE., M.M dan Dr. Iffatin Nur, M. Ag. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Kesejahteraan Karyawan, Usaha Mikro Kecil Menengah Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh pelanggaran etika bisnis Islam yang sering dilakukan oleh pebisnis yang tidaj bertanggungjawab dan kurangnya perhatian kepada kesejahteraan karyawan. Perilaku etis dalam kegiatan berbisnis adalah sesuatu yang penting demi kelangsungan hidup bisnis. Bisnis yang tidak etis akan merugikan bisnis itu sendiri terutama jika dilihat dari perspektif jangka panjang. Perusahaan dan karyawan pada hakekatnya saling membutuhkan, karyawan merupakan asset perusahaan yang penting untuk berjalannya suatu perusahaan, begitu juga karyawan tidak dapat menunjang kesejahteraan hidupnya tanpa adanya perusahaan sebagai tempat mencari nafkah. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana implementasi etika bisnis Islam dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan di konveksi Cahaya Baru Java dan konveksi Cinta Bunda?; dan (2) Bagaimana kendala atau permasalahan dalam implementasi etika bisnis Islam dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan di konveksi Cahaya Baru Java dan konveksi Cinta Bunda? Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif, pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan difokuskan pada kearah kesatuan dan menghasilkan kesimpulan. Analisa data menggunakan analisis interaktif dengan tujuan mendeskripsikan temuan data-data yang terkumpul, tentang penerapan nilai-nilai etika bisnis Islam dalam konveksi Cahaya Baru Java dan konveksi Cinta Bunda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika bisnis Islam diterapkan di konveksi Cahaya Baru Java dan konveksi Cinta Bunda dalam mengembangkan usaha dengan ditandai terciptanya kesejahteraan karyawan pada kedua usaha konveksi tersebut. Selain itu, kendala yang dihadapi konveksi Cahaya Baru Java dan konveksi Cinta Bunda kurang adanya motivasi kerja untuk meningkatkan semangat kerja karyawan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1758154006 LIA PIPIT ANGGRAINI
Date Deposited: 13 Jan 2020 07:02
Last Modified: 13 Jan 2020 07:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10217

Actions (login required)

View Item View Item