KORELASI KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS XI MIA DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR

ERLIANA TIFA, 17201153505 (2019) KORELASI KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS XI MIA DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
cover pdf.pdf

Download (544kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB I pdf.pdf

Download (592kB)
[img]
Preview
Text
BAB II pdf.pdf

Download (881kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Korelasi Antara Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Pedagogi Guru Sejarah Kebudayaan Islam Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas XI MIA di MA Ma’arif Udanawu Blitar.” Ini ditulis oleh Erliana Tifa, NIM 17201153505, pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata kunci: Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogi, Pembentukan Karakter. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran dua kompetensi guru, yaitu kompetensi profesional dan kompetensi pedagogi yang berhubungan dengan terbentuknya karakter siswa ketika pembelajaran berlangsung. Guru yang berkompetensi, diantaranya kompetensi profesional dan pedagogi akan mampu menjawab tantangan zaman ditengah minimnya penanaman nilai – nilai kepada siswa. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk meneliti hubungan kompetensi profesional dan kompetensi pedagogi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam pembentukan karakter siswa kelas XI MIA di MA Ma’arif Udanawu. Rumusan masalah penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana korelasi kompetensi profesional dan kompetensi pedagogi guru Sejarah Kebudayaan Islam terhadap pembentukan karakter siswa kelas XI MIA di MA Ma’arif Udanawu Blitar? (2) Adakah korelasi kompetensi profesional guru Sejarah Kebudayaan Islam terhadap pembentukan karakter siswa kelas XI MIA di MA Ma’arif Udanawu Blitar? (3) Adakah korelasi kompetensi pedagogi guru Sejarah Kebudayaan Islam terhadap pembentukan karakter siswa kelas XI MIA di MA Ma’arif Udanawu Blitar? (4) Adakah korelasi antara kompetensi profesional dan kompetensi pedagogi guru Sejarah Kebudayaan Islam secara bersamaan terhadap pembentukan karakter siswa kelas XI MIA di MA Ma’arif Udanawu Blitar? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana korelasi kompetensi profesional dan kompetensi pedagogi guru Sejarah Kebudayaan Islam terhadap pembentukan karakter siswa kelas XI MIA di MA Ma’arif Udanawu Blitar (2) Untuk mengetahui korelasi kompetensi profesional guru Sejarah Kebudayaan Islam terhadap pembentukan karakter siswa kelas XI MIA di MA Ma’arif Udanawu (3) Untuk mengetahui korelasi kompetensi pedagogi guru Sejarah Kebudayaan Islam terhadap pembentukan karakter siswa kelas XI MIA di MA Ma’arif Udanawu (4)Untuk mengetahui bagaimana korelasi kompetensi profesional dan kompetensi pedagogi guru Sejarah Kebudayaan Islam terhadap pembentukan karakter siswa kelas XI MIA di MA Ma’arif Udanawu Skripsi ini bermanfaat bagi kepala sekolah sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran. Bagi guru sebagai bahan masukan bagi guru Sejarah Kebudayaan Islam, khususnya di MA Ma’arif Udanawu agar selalu meningkatkan kompetensi profesional dan kompetensi pedagogi dengan baik sehingga akan mudah dalam pembentukan karakter siswa. Bagi penulis sebagai penerapan ilmu pengetahuan serta untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Dalam penulisan ini digunakan metode angket, dokumentasi, wawancara dan observasi. Dalam penyebaran angket menggunakan populasi siswa kelas XI MIA MA Ma’arif Udanawu yang berjumlah 198, diambil sampel 20% dari keseluruhan jumlah populasi, sehingga diperoleh sebanyak 39 siswa sebagai responden. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan angket/kuesioner dengan sejumlah instrumen pertanyaan yang telah dipersiapkan. Data pendukung yang lain diperoleh dengan observasi dan wawancara kepada guru dan siswa. Setelah data diperoleh dari lapangan kemudian data tersebut dianalisis dengan bantuan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru SKI dengan pembentukan karakter siswa yaitu ditunjukkan dengan r hitung = 0,516 > r tabel = 0,05 (2) Hasil analisis kedua diperoleh hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogi guru SKI dengan pembentukan karakter siswa yaitu ditunjukkan dengan nilai r hitung = 0,586 > r tabel = 0,05. (3)Hasil analisis ketiga diperoleh ada hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional dan kompetensi pedagogi guru SKI dengan pembentukan karakter siswa kelas XI MIA di MA Ma’arif Udanawu, dengan nilai F hitung yang diperoleh = 12,634, pada taraf 0,05 (F tabelnya = 3,25) dan memberikan sumbangan efektif sebesar 38 %. dinyatakan signifikan, 12,634  3,25 artinya F hitung lebih besar dari F tabel, sehingga semakin tinggi tingkat kompetensi profesional dan kompetensi pedagogi guru maka pembentukan karakter siswa juga semakin tinggi. Dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak hipotesis kerja (Ha) diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skripsi 17201153505 Erliana Tifa
Date Deposited: 15 Feb 2019 08:10
Last Modified: 30 Mar 2020 10:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10205

Actions (login required)

View Item View Item