PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PENILAIAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

SITI ANIS FU’ADATUL ILMI, 2814133179 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PENILAIAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (711kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (643kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Penilaian Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Al Ma‟arif Tulungagung Tahun Ajaran 201 7/2018” yang ditulis oleh Siti Anis Fu‟adatul Ilmi, NIM: 2814133179 dibimbing oleh Dr. Hj. Umy Zahro, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Kooperatif, Student Teams Achievement Divisions (STAD), Penilaian Berbasis Proyek, Hasil Belajar Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi belajar siswa yang masih rendah disebabkan model pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional. Hal tersebut dapat menimbulkan kesulitan siswa dalam memahami materi pembelajaran serta membuat siswa bosan saat mengikuti pembelajaran, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan pembelajaran yang menarik yang bisa membuat siswa aktif, peneliti menggunakan salah satu model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan penilaian berbasis proyek. Model pembelajaran ini melatih siswa untuk berani mengemukakan pendapat (mengemukakan pikirannya sendiri) dan dituntut untuk aktif berpartisipasi dalam kelompoknya. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) “Untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan penilaian berbasis proyek terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Al Ma‟arif Tulungagung Tahun Ajaran 201 7/2018.” (2) “Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan penilaian berbasis proyek terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Al Ma‟arif Tulungagung Tahun Ajaran 2017/201 8.” Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya eksperimen semu, teknik sampling dengan cluster random sampling dan sampel yang diambil adalah kelas VII-A dan VII-B. Instrumen pengumpulan data berupa: dokumentasi dan soal tes (post-test untuk memperoleh hasil belajar), teknik analisis data post-test dengan uji-t yang sebelumnya diuji prasyarat (homogenitas dan normalitas). Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil hitung pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa nilai thitung = 3,654 > ttabel = 1,992 dan nilai sig.(2-tailed) dari tabel sebesar 0,000 yang berarti < 0,05 sehingga bahwa ditolak dan diterima yang berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan penilaian berbasis proyek terhadap hasil belajar matematika siswa. (2) Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan penilaian berbasis proyek terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Al Ma‟arif Tulungagung Tahun Ajaran 201 7/201 8 sebesar 82%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133179 SITI ANIS FU’ADATUL ILMI
Date Deposited: 15 Feb 2019 07:36
Last Modified: 15 Feb 2019 07:36
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10201

Actions (login required)

View Item View Item