PENERAPAN PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS JASA CATERING MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS PADA JASA CATERING DI KELURAHAN TAMANAN KECAMATAN TULUNGAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG)

EVITA PREMILA DJILHAM NUHQILA, 17101153006 (2019) PENERAPAN PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS JASA CATERING MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS PADA JASA CATERING DI KELURAHAN TAMANAN KECAMATAN TULUNGAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Perlindungan Konsumen Atas Jasa Catering Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Dan Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada Jasa Catering Di Kelurahan Tamanan Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Evita Premila Djilham Nuhqila dibimbing oleh Bapak Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.H.I. Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999, Jasa Catering, Etika Bisnis Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan masyarakat terhadap pentingnya hukum perlindungan konsumen. Hubungan pelaku usaha dengan konsumen merupakan hubungan yang saling mengikat dalam sebuah perikatan yang berbentuk perjanjian. Meningkatnya pelayanan jasa catering pada saat ini, sangatlah mempengaruhi perekonomian di sekitarnya. Dengan adanya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Perlindungan Konsumen dan etika bisnis Islam, sangatlah penting dalam melakukan proses dan penerapan hukum perlindungan konsumen dan etika bisnis Islam dalam sebuah usaha pelayanan jasa catering. Banyaknya peluang jasa catering untuk saat ini, yang menjadikan jasa catering berkembang pesat, terutama pada jasa catering di Kelurahan Tamanan Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung. Dengan maraknya para pelaku usaha catering tersebut, tentu tidak lepas dari adanya masalah yang dilakukan oleh penyedia jasa catering. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk meningkatkan dan juga mengembangkan produk dan juga kualitas usaha jasa catering berdasarkan peraturan yang terkait, agar pelaku usaha tidak melakukan kelalaian dalam usahanya dan bertanggungjawab jika terjadi kelalaian dan merugikan konsumen. Bagi konsumen untuk dapat melindungi hak-hak konsumen yang berada di lingkungan sosial di Kelurahan Tamanan Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung yang memiliki tingkat hak-haknya paling rendah, serta tingkat pengetahuan dan kekuasaan yang lemah. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Peneliti menggunakan metode penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengumpulkan data data yang berkaitan dengan perlindungan konsumen dan etika bisnis Islam dengan melakukan pengamatan langsung. Wawancara diajukan kepada pelaku usaha jasa Catering Hasyim dan Catering Amir di Kelurahan Tamanan Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung. Dokumentasi terhadap foto-foto proses produksi, sejarah berdirinya usaha, nota transaksi pada jasa Catering Hasyim dan Catering Amir di Kelurahan Tamanan Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung, serta dokumen-dokumen lain, hingga proses penerapanperlindungan konsumen terhadap jasa Catering Hasyim dan Catering Amir di Kelurahan Tamanan Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaku usaha pada pelayanan jasa catering di Kelurahan Tamanan Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung masih belum menerapkan hukum perlindungan konsumen berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 dan etika bisnis Islam. Pada kenyataannya, pelaku usaha jasa catering masih banyak melakukan kesalahan atau kelalaian di dalam menekuni usaha jasa catering tersebut, yang membuat konsumen merasa dirugikan. Pada pelayanan jasa catering di Kelurahan Tamanan Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung, dalam hal tanggung jawab berupa ganti rugi sudah diterapkan oleh pelaku usaha kepada konsumen sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK) dan etika bisnis Islam. Tidak hanya pelaku usaha jasa catering di Kelurahan Tamanan Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung saja yang melakukan kesalahan atau kelalaian terhadap konsumennya. Akan tetapi, hal ini juga dilakukan oleh konsumen pada jasa catering. Dikarenakan bahwa kurangnya pengetahuan terkait hukum perlindungan konsumen dan etika bisnis Islam antara pelaku usaha dan konsumen, yang menjadikan hubungan diantaranya tidak seimbang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 17101153006 Evita Premila Djilham Nuhqila
Date Deposited: 13 Feb 2019 07:27
Last Modified: 30 Mar 2020 10:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10183

Actions (login required)

View Item View Item