Pengaruh Pemahaman Bilangan Pecahan dan Aturan Pembagian Harta Waris Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Perhitungan Harta Waris Dalam Ilmu Mawaris Pada Siswa Kelas XI IPA MAN Trenggalek Tahun Ajaran 2011/2012

Badriyah, Roisatul (2012) Pengaruh Pemahaman Bilangan Pecahan dan Aturan Pembagian Harta Waris Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Perhitungan Harta Waris Dalam Ilmu Mawaris Pada Siswa Kelas XI IPA MAN Trenggalek Tahun Ajaran 2011/2012. [ Skripsi ]

[img] Text
11. ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (93kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (78kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (73kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.docx

Download (16kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Bilangan Pecahan, Ilmu Mawaris. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa yang belum mengerti dan paham dalam menyelesaikan perhitungan waris dalam ilmu mawaris yang didalamnya terdapat perhitungan tentang bilangan pecahan yang telah diajarkan di sekolah dari tingkat SD, SMP, maupun SMA. Padahal ilmu mawaris ini sangat penting untuk dipelajari, dipahami dan dipraktekkan terutama bagi kalangan masyarakat muslim, akan tetapi kenyataannya baik di lingkungan kita sendiri banyak yang praktek pembagian waris tidak berlandaskan hukum yang berlaku. Ayat Al-Qur’an yang menjadi dasar hukum waris Islam, yaitu Surat An-Nisa’: 11, 12, dan 176 berisi ketentuan pembagian waris secara lengkap. Pada ketiga ayat ini dapat diketahui enam macam bagian untuk para ahli waris, yaitu 1/2 (setengah), 1/4 (seperempat), 1/8 (seperdelapan), 1/3 (sepertiga), 1/6 (seperenam), dan 2/3 (dua pertiga). Dari sinilah dapat diketahui betapa pentingnya memahami bilangan pecahan dan aturan pembagian harta waris. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh pemahaman bilangan pecahan terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal perhitungan harta waris dalam ilmu mawaris pada siswa kelas XI IPA MAN Trenggalek tahun ajaran 2011/2012? (2) Adakah pengaruh pemahaman tentang aturan pembagian harta waris terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal perhitungan harta waris dalam ilmu mawaris pada siswa kelas XI IPA MAN Trenggalek tahun ajaran 2011/2012? (3) Adakah pengaruh pemahaman bilangan pecahan dan aturan pembagian harta waris secara bersama-sama terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal perhitungan harta waris dalam ilmu mawaris pada siswa kelas XI IPA MAN Trenggalek tahun ajran 2011/2012?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh pemahaman bilangan pecahan terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal perhitungan harta waris dalam ilmu mawaris pada siswa kelas XI IPA MAN Trenggalek tahun ajaran 2011/2012? (2) untuk mengetahui pengaruh pemahaman tentang aturan pembagian harta waris terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal perhitungan harta waris dalam ilmu mawaris pada siswa kelas XI IPA MAN Trenggalek tahun ajaran 2011/2012? (3) untuk mengetahui pengaruh pemahaman bilangan pecahan dan aturan pembagian harta waris secara bersama-sama terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal perhitungan harta waris dalam ilmu mawaris pada siswa kelas XI IPA MAN Trenggalek tahun ajran 2011/2012? Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 3 yang dengan menggunakan sampling jenuh kelas XI IPA 3 menjadi sampel dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, metode dokumentasi, dan metode Tes. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan metode di atas, peneliti menggunakan uji regresi berganda. Hasil analisis regresi memberikan persamaan Y= -2,156 + 0,395 X1 + 0,542 X2. Setelah dilakukan uji F, ternyata Fhitung > Ftabel atau 8,12 > 3,33 pada taraf signifikansi 5 %, sehingga persamaan regresi linear ganda berarti. Koefisien korelasi ganda R = 0,599 dan uji F memberikan Fhitung > Ftabel pada taraf signifikansi 5 %, sehingga koefisien korelasi ganda berarti. Koefisien korelasi parsial untuk prediktor satu dan dua masing-masing diperoleh 0,332 dan 0,437 dan uji T memberikan thitung > t tabel pada taraf signifikansi 10 % dan dk = 29, sehingga koefisien korelasi parsial berarti. Simpulan penelitian ini adalah (1) ada pengaruh pemahaman bilangan pecahan terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal perhitungan harta waris dalam ilmu mawaris pada siswa kelas XI IPA MAN Trenggalek tahun ajaran 2011/2012 yang besarnya 11 % (2) ada pengaruh pemahaman tentang aturan pembagian harta waris terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal perhitungan harta waris dalam ilmu mawaris pada siswa kelas XI IPA MAN Trenggalek tahun ajaran 2011/2012 yang besarnya 22% (3) ada pengaruh pemahaman bilangan pecahan dan aturan pembagian harta waris secara bersama-sama terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal perhitungan harta waris dalam ilmu mawaris pada siswa kelas XI IPA MAN Trenggalek tahun ajaran 2011/2012 yang besarnya 35,9%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Feb 2015 07:15
Last Modified: 04 Feb 2015 07:15
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1018

Actions (login required)

View Item View Item