ANALISIS PEMAHAMAN SISWA BERDASARKAN TEORI APOS PADA MATERI PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF (FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT) DI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 2 KARANGAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2018/2019

NIA ARISTA ARDIANTI, 17204153247 (2019) ANALISIS PEMAHAMAN SISWA BERDASARKAN TEORI APOS PADA MATERI PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF (FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT) DI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 2 KARANGAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (720kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori APOS Pada Materi Program Linear Ditinjau dari Gaya Kognitif (Field Dependent dan Field Independent) di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Karangan Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Nia Arista Ardianti, NIM. 17204153247, pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Pemahaman, Teori APOS, Program Linear, Gaya Kognitif Pemahaman sangat penting dalam belajar matematika. Dengan pemahaman, siswa akan mampu menghadapi berbagai persoalan matematika dalam situasi yang berbeda-beda. Akan tetapi, pemahaman yang baik seringkali dilewatkan oleh siswa. Siswa sering mengabaikan definisi, teorema, atau sifat-sifat yang berlaku dalam suatu topik bahasan matematika. Kesulitan siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika salah satu faktor penyebabnya yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap suatu topik bahasan matematika itu sendiri. Pemahaman siswa terhadap suatu topik bahasan matematika dapat dianalisis menggunakan Teori APOS. Suatu topik bahasan matematika yang dapat dianalisis menggunakan Teori APOS, salah satunya materi program linear. Karakteristik siswa dalam berpikir, merasakan, mengingat, memecahkan masalah, dan membuat keputusan, yang dikenal dengan gaya kognitif juga dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami berbagai persoalan matematika. Oleh karena itu, peneliti mengadakan penelitian yang mengintegrasikan pemahaman, berdasarkan Teori APOS, dan gaya kognitif siswa. Berkenaan dengan penjelasan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pemahaman siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Karangan yang memiliki gaya kognitif field dependent pada materi program linear berdasarkan Teori APOS, (2) Untuk mendeskripsikan pemahaman siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Karangan yang memiliki gaya kognitif field independent pada materi program linear berdasarkan Teori APOS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kehadiran peneliti dalam penelitian ini menjadikan peneliti sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Tes yang diberikan terdiri dari tes GEFT dan tes tertulis. Pengambilan subjek tes tertulis dan wawancara didasarkan pada hasil tes GEFT, dimana siswa yang dijadikan sebagai subjek tes tertulis dan wawancara merupakan siswa yang skor GEFT nya berada di titik kritis dengan rincian 2 subjek bergaya kognitif field dependent dan 2 subjek bergaya kognitif field independent, serta didasarkan pada pertimbangan guru mata pelajaran terkait kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkahlangkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan xx keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan pemahaman pada subjek yang memiliki gaya kognitif field dependent dan field independent. (1) Subjek yang memiliki gaya kognitif field dependent (a) pada tahap aksi, mampu menuliskan yang diketahui dan ditanyakan, mampu menentukan rencana untuk menyelesaikan soal program linear, serta mampu membuat model matematika dari soal cerita yang berkaitan dengan program linear, (b) pada tahap proses, mampu menentukan titik potong, menggambar grafik, dan menentukan daerah himpunan penyelesaian namun belum mampu menentukan titik-titik optimum, (c) pada tahap objek, belum mampu menentukan nilai optimum berdasarkan karakteristik dari fungsi kendala dan belum mampu menentukan nilai optimum menggunakan metode yang belum diajarkan sebelumnya, (d) pada tahap skema, belum mampu menyelesaikan soal program linear dengan benar dan tepat. (2) Subjek yang memiliki gaya kognitif field independent (a) pada tahap aksi, mampu menuliskan yang diketahui dan ditanyakan, mampu menentukan rencana untuk menyelesaikan soal program linear, serta mampu membuat model matematika dari soal cerita yang berkaitan dengan program linear, (b) pada tahap proses, mampu menentukan titik potong, menggambar grafik, menentukan daerah himpunan penyelesaian, dan menentukan titik-titik optimum, (c) pada tahap objek, mampu menentukan nilai optimum berdasarkan karakteristik dari fungsi kendala namun belum mampu menentukan nilai optimum menggunakan metode yang belum diajarkan sebelumnya, (d) pada tahap skema, mampu menyelesaikan soal program linear dengan benar dan tepat. xxi

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153247 NIA ARISTA ARDIANTI
Date Deposited: 12 Feb 2019 07:42
Last Modified: 12 Feb 2019 07:42
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10140

Actions (login required)

View Item View Item