PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS SISWA KELAS VII DI MTsN 3 TULUNGAGUNG

NUR AZIZAH, 1721143314 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS SISWA KELAS VII DI MTsN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (735kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadist Siswa Kelas VII di MTsN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Azizah , NIM. 1721143314, yang dibimbing oleh Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata kunci: Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar Model pembelajaran Al-Qur’an Hadist yang digunakan oleh seorang guru sangat berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Secara umum, guru menggunakan model ceramah dalam menyampaikan materi Al-Qur’an Hadist dikelas. Metode tersebut kurang efektif, karena menjadikan siswa kurang memperhatikan dan kurang tertarik dengan pembelajaran. Dalam, skripsi ini penulis memperkenalkan model pembelajaran yang dapat menjadikan siswa dapat berperan aktif dan tertarik dengan materi yang disampaikan dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran tersebut adalah Numbered Head Together (NHT). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar ranah kognitif peserta didik di MTsN 3 Tulungagung?(2) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar ranah psikomotorik peserta didik di MTsN 3 Tulungagung?(3)Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar ranah kognitif dan psikomotorik secara bersama-sama pada peserta didik di MTsN 3 Tulungagung? Penelitian ini bertujuan Tujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar ranah kognitif peserta didik di MTsN 3 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar ranah psikomotorik peserta didik di MTsN 3 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar ranah kognitif dan psikomotorik secara bersama-sama pada peserta didik di MTsN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTsN 3 Tulungagung yang terdiri dari 10 kelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VII/A sebagai kelas eksperimen Numbered Head Together (NHT) dan kelas VII/B sebagai kelas kontrol (konvensional). Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu uji validitas, x uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji t. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode dokumentasi, tes, dan non tes. Metode dokumentasi digunakan peneliti untuk memperoleh data sekolah, data guru, dan data siswa. Sedangkan metode tes dan non tes digunakan untuk memperoleh data prestasi belajara siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar kognitif siswa yang ditunjukkan thitung > ttabel yaitu 3,428 > 2,0129 dengan sig. (2-tailed) = 0.01 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar psikomotorik siswa yang ditunjukkan dengan -thitung < -ttabel, yaitu -3,124 < -2,0129 dengan sig. (2-tailed) = 0.03< 0,05. (3) Ada pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik secara bersamaasama yang ditunjukkan dengan thitung > ttabel, yaitu 4,743 > 2,0129 dengan sig. (2- tailed) = 0.03< 0,05. xi

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143314 NUR AZIZAH
Date Deposited: 04 Feb 2019 06:52
Last Modified: 04 Feb 2019 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10114

Actions (login required)

View Item View Item