PENGARUH REWARD DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MIN 4 TULUNGAGUNG

TITIS ENGGAR PUJI RAHAYU, 1724143284 (2019) PENGARUH REWARD DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (508kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (422kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Reward dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Titis Enggar Puji Rahayu, NIM. 1725143284, pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci: Reward, Motivasi, Hasil Belajar Latar belakang penelitian ini adalah adanya fenomena bahwa reward dan motivasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Reward adalah suatu bentuk penghargaan dan merupakan salah satu alat pendidikan dalam proses pembelajaran yang diberikan oleh pendidik kepada peserta didik sebagai suatu pendorong, penyemangat dan motivasi agar meningkatkan hasil belajar. Reward ini dapat menumbuhkan motivasi belajar peserta didik agar mereka bersemangat dan aktif dalam mengikuti kegiatan belajar. Sehingga reward dan motivasi saling berkaitan untuk meningkatkan hasil belajar. Rumusan Masalah 1) Adakah pengaruh reward terhadap hasil belajar siswa MIN 4 Tulungagung 2) Adakah pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa MIN 4 Tulungagung 3) Adakah pengaruh reward dan motivasi terhadap hasil belajar siswa MIN 4 Tulungagung. Tujuan penelitian 1) Untuk menjelaskan pengaruh reward terhadap hasil belajar MIN 4 Tulungagung 2) Untuk menjelaskan pengaruh motivasi terhadap hasil belajar MIN 4 Tulunggung 3) Untuk menjelaskan pengaruh reward dan motivasi terhadap hasil belajar MIN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 240 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan tekni purposive sampling yaitu sebanyak 44 siswa kelas V yang terdiri dari 22 siswa kelas VA dan 22 siswa kelas VB. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara reward dan hasil belajar siswa kelas V MIN 4 tulungagung. Hal ini dapat dilihat dari nilai T hitung = 3,243 > T tabel = 2,01954 yaitu pada taraf nilai signifikansi 0,05 dan nilai sig. 0,002 < 0,05. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN 4 tulungagung. Hal ini dapat dilihat dari nilai T hitung = 3,469 > T tabel = 2,01954 yaitu pada taraf nilai signifikansi 0,05 dan nilai sig. 0,001 < 0,05. 3) Ada pengaruh bersama-sama yang signifikan antara reward dan motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN 4 Tulungagung dengan koefisien diterminasi sebesar 60,6 %. Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung = 31,556 > F tabel = 3,22 yaitu pada taraf nilai signifikansi 0,05 dan nilai sig. 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1724143284 TITIS ENGGAR PUJI RAHAYU
Date Deposited: 01 Feb 2019 01:41
Last Modified: 01 Feb 2019 01:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10108

Actions (login required)

View Item View Item