Manajemen pembelajaran Pada implementasi kurikulum 2013 Untuk mengembangkan pendidkan karakter siswa (Studi Multi Kasus di SDI Al Azhar Tulungagung, MI Perwanida Kota Blitar dan MIN Sumberjati Kademangan Kabupaten Blitar)

Sulistyorini, Sulistyorini (2018) Manajemen pembelajaran Pada implementasi kurikulum 2013 Untuk mengembangkan pendidkan karakter siswa (Studi Multi Kasus di SDI Al Azhar Tulungagung, MI Perwanida Kota Blitar dan MIN Sumberjati Kademangan Kabupaten Blitar). Akademia Pustaka, Tulungagung. ISBN 978-602-6706-44-7

[img] Text
Dr. Hj. SULISTYORINI, M.Ag - MANAJEMEN PEMBELAJARAN.pdf

Download (19MB)

Abstract

Untuk mengurangi perilaku-perilaku menyimpang di kalangan remaja yang sering terjadi di Indonesia, seperti tawuran antar pelajar, meminum-minuman keras, pergaulan bebas, dan penyalahgunaan narkoba yang bisa mengakibatkan depresi bahkan terkena HIV/AIDS. Upaya pemerintah dalam menghadapi permasalahan diatas melalui pendidikan, karena pendidikan memiliki peran penting dan sentral dalam pengembangan potensi manusia. Pendidikan merupakan hal penting dalam pembangunan mentalitas, moral serta karakter siswa melalui pengembangan kurikulum. Salah satu upaya ditempuh dengan menerapkan kurikulum 2013 karena dapat menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan akfektif melalui penguatan sikap (tahu mengapa), keterampilan (tahu bagaimana), dan pengetahuan (tahu apa) yang terintegrasi. Penelitian ini bermaksud mengungkap lebih mendalam tentang manajemen pembelajaran pada implementasi kurikulum 2013 untuk mengembangkan pendidkan karakter siswa pada tiga sekolah dasar di Kabupaten Blitar yang memiliki karakteristik berbeda. Fokus penelitian ini tertuju pada tiga hal yaitu: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengawasan pembelajaran kurikulum 2013 untuk mengembangkan pendidikan karakter siswa Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi berperanserta, dan studi dokumentasi. Pengecekan kredibilitas data dilakukan dengan teknik triangulasi, dan diskusi teman sejawat. Data yang terkumpul diorganisir, ditafsir, dan dianalisis secara berulang-ulang, baik melalui analisis dalam kasus maupun analisis lintas kasus guna menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Adapun temuan penelitin ini pertama perencanaan Pembelajaran dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran seperti prota pormes, KI dan KD nya, untuk silabus sudah disiapkan dari pemerintah. RPP wajib disusun oleh guru sebelum guru masuk kelas, RPP nya mengembangkan sendiri sesuai tujuan pembelajaran, karakter siswa dan lingkungan sekolah, kedua KI 1 berkaitan dengan karakter religius, imbasnya di perilaku religiusnya, ibadah siswa baik dan terkontrol, termasuk didalamnyaa karakter berani dan jujur, KI 2 karakter yang terbentuk perilaku siswa dengan guru baik, dengan orang tua baik., anak anak sesama teman saling membantu, dalam kerja kelompok, KI 3 kognitif, meliputi standar proses terfokus pada eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi dilengkapi dengan mengamati, menanya, mengolah, menalar, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta. Media yang selama ini mendukung pembelajaran adalah media proyektor dan wifi, KI 4 psikomotoriknya, kadang praktek dulu baru materi atau sebaliknya, ketiga Evaluai KI 1 dan KI 2 menggunakan jurnal, observasi, penilaian diri dan antar teman yang dilakukan dalam bentuk rubric yang seperti pada RPP. KI 3, menggunakan test tulis, tes lesan, dan penugasan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dra 196512152003122001 SULISTYORINI, M.Ag.
Date Deposited: 30 Jan 2019 03:50
Last Modified: 30 Jan 2019 03:50
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10102

Actions (login required)

View Item View Item