PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA DI MIN 4 TULUNGAGUNG

ROHMAD ARIADI, 1775143260 (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (598kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (939kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (941kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)

Abstract

ABSTRAK Rohmad Ariadi, NIM.1775143260. 2018. Pengaruh Pendidikan Karakter Religius dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa di MIN 4 Tulungagung. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Tulungagung, pembimbing: Ibu Dr. Hj. Elfi Mu’awanah. S. Ag, M. Pd Kata kunci: Pendidikan Karakter Religius, Disiplin, Prestasi Belajar Penerapan pendidikan karakter di sekolah sangat di perlukan dan dilaksanakan, karena dengan pendidikan karakter di sekolah akan membentuk karakter baru siswa sesuai dengan karakter yang diinginkan. Dalam pengimpletasian pendidikan karakter religius dan disiplin di MIN 4 Tulungagung, tentu saja melibatkan seluruh warga sekolah. Sekolah telah menciptakan program-program yang menunjang keberhasilan progam pendidikan karakter religius, proses pengembangan progam tersebut dilakukan secara berkelanjutan, melalui mata pelajaran Aqidah akhlak. Sedangkan dalam hal kedisiplinan, sekolah telah memberikan aturan tertulis maupun tidak tertulis kepada seluruh warga sekolah untuk dipatuhi dan dilaksanakan. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah ada pengaruh pendidikan karakterreligius terhadap prestasi belajar aqidah akhlak, 2) apakah ada pengaruh disiplin terhadap prestasi belajar aqidah akhlak, 3) apakah ada pengaruh pendidikan karakter religius dan disiplin terhadap prestasi belajar aqidah akhlak.Penelitian ini dilakukan di MIN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif denganjenis penelitian surveidan menggunakan desain penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MIN 4 Tulungagung. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan stratified random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 14% dari seluruh populasi yang berjumlah 248. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau quesioner tertutup serta dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data pendidikan karakter religius (X_1)dan disiplin (X_2), sedangkan untuk prestasi belajar aqidah ahklak diperoleh dari hasil raport nilai UTSsemester genap tahun 2018. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, uji instrumen meliputi: uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasarat meliputi: uji homogenitas, uji normalitas, uji hipotesis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda melalui SPSS 16.0 for windous. Hasil dari penelitian ini adalah(1) ada pengaruh pendidikan karakter religius terhadap prestasi belajar aqidah akhlak. Hal ini dilihat dari nilai hasil pengujian hipotesis penelitian menggunakan “uji t” pengaruh pendidikan karakter religius terhadap presasi belajar aqidah akhlak ditunjukkan oleh nilai t_hitung=2,529>t_tabel pada taraf signifikan 5%=2,035. Artinya t_hitunglebih besar dari pada t_tabel yaitu 2,529 lebih besar dari 2,035, maka hipotesis nol (H_0 ) ditolak dan hipotesis alternative (H_1 ) diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan karakter religius terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MIN 4 Tulungagung. (2) tidak ada pengaruh disiplin terhadap prestasi belajar aqidah akhlak. Hal ini dilihat dari hasil pengujian hipotesis penelitian menggunakan “uji t” pengaruh disiplin terhadap presasi belajar aqidah akhlak ditunjukkan oleh nilai t_hitung=0,495 <t_tabel pada taraf signifikan 5%=2,035. Artinya t_hitunglebih kecil dari t_tabelyaitu 0,495 lebih kecil dari 2,035 maka hipotesis nol (H_0 ) diterima dan hipotesis alternative (H_1 ) ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara disiplin terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MIN 4 Tulungagung. (3) Ada pengaruh pendidikan karakter religius dan disiplin terhadap prestasi belajar aqidah akhlak.Hal ini dilihat dari hasil nilai output uji F, menunjukkan bahwa nilai signifikansi untuk pengaruh X_1dan X_2 secara simultan terhadap Y adalah sebesar 0,030 < 0.05, dan nilai F hitung 3,925 > 3,276, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendidikan karakter religius dan disiplin terhadap terhadap prestasi belajar aqidah akhlaq siswa di MIN 4 Tulungagung.Besar pengaruh pendidikan karakter religius dan disiplin terhadap prestasi belajar aqidah akhlak adalah 19%. Dilihat dari hasil perhitungan analisis kolerasi product moment regresi linier berganda, diperoleh nilai R square dengan koefisien determinan sebesar 19,2 (dibulatkan menjadi 19%) atau sebesar 19%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendidikan karakter religius dan disiplin terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MIN 4 Tulungagung sebesar 19%.Selebihnya yang 81% merupakan faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti seperti: faktor motifasi, faktor bakat dan minat, faktor lingkungan sosial, faktor intelegensi, dan faktor fisiologis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1775143260 ROHMAD ARIADI
Date Deposited: 28 Jan 2019 03:28
Last Modified: 28 Jan 2019 03:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10092

Actions (login required)

View Item View Item