Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Bangun Ruang Prisma dan Limas pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Durenan Tahun Ajaran 2011/2012

Munawaroh, Lailatul (2012) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Bangun Ruang Prisma dan Limas pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Durenan Tahun Ajaran 2011/2012. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER ABSTRAK.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (103kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Tutor Sebaya, Hasil Belajar. Persepsi siswa bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit, kurang menyenangkan dan hanya sebagian siswa tertentu yang dapat menguasai, telah menjadi penyebab bagi kurang berhasilnya pendidikan matematika. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengembangkan kreatifitas mereka sendiri dalam memecahkan suatu permasalahan. Pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran tutor sebaya. Model pembelajaran tutor sebaya adalah proses pembelajaran yang memungkinkan siswa semakin kreatif , mandiri, dewasa dan punya rasa setia kawan yang tinggi karena partisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan suasana pembelajaran semakin variatif dan tidak monoton. Dalam hal ini siswa yang berperan aktif dalam proses pembelajaran tersebut dan guru hanya menjadi fasilitator. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika materi pokok bangun ruang prisma dan limas pada siswa kelas VIII SMP Islam Durenan tahun ajaran 2011/2012? 2) Seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika materi pokok bangun ruang prisma dan limas pada siswa kelas VIII SMP Islam Durenan tahun ajaran 2011/2012?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika materi pokok bangun ruang prisma dan limas pada siswa kelas VIII SMP Islam Durenan tahun ajaran 2011/2012 dan berapa besar pengaruhnya. Pola penelitian kuantitatif yang digunakan yaitu eksperimen, variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran tutor sebaya. Sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Durenan. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Islam Durenan yang berjumlah 145 siswa Durenan tahun ajaran 2011/2012. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling yaitu diambil dengan tujuan dan pertimbanganpertimbangan tertentu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 77 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Durenan mulai tanggal 14-25 April 2012. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis t-test. xv Dari hasil penelitian (1) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika materi pokok bangun ruang prisma dan limas pada siswa kelas VIII SMP Islam Durenan tahun ajaran 2011/2012 dengan nilai thitung (5,517) > nilai ttabel 5% (2,042), yang berarti bahwa nilai thitung lebih dari nilai ttabel pada taraf 5%. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Besar pengaruh penerapan model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika materi pokok bangun ruang prisma dan limas pada siswa kelas VIII SMP Islam Durenan tahun ajaran 2011/2012 adalah 15,15% yang berarti besar pengaruhnya berinterpretasi rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Feb 2015 06:55
Last Modified: 04 Feb 2015 06:55
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1009

Actions (login required)

View Item View Item