PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

LEYLI AGUS TRI KUMALASARI, 1725143155 (2019) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (443kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (793kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (149kB)

Abstract

Leyli Agus Tri Kumalasari, 1725143155, Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, Pembimbing: Faizatul Istiqomah, M.Ed Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Minat Belajar, Hasil Belajar, Fiqih Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukannya hasil belajar Fiqih peserta didik kelas IV di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung yang relatif rendah. Hal ini mungkin dikarenakan masih banyaknya pendidik yang mengajar dengan menggunakan metode konvensional. Kurangnya inovasi pendidik dalam menerapkan metode pembelajaran akan berdampak pada pemahaman peserta didik dalam mempelajari materi yang diajarkan. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping pada mata pelajaran Fiqih di kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Adakah pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik kelas IV di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung?, (2) Seberapa besar pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik kelas IV di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Mind mapping terhadap hasil belajar Fiqih kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode Mind Mapping terhadap hasil belajar Fiqih kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu atau quasi experiment. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas IV-A dan IV-B MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket/kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil uji-t dari hasil belajar diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,019. Nilai Sig. (2-tailed) 0,019 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian ada pengaruh metode mind mappin terhadap hasil belajar Fiqih kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. (2) Perhitungan dari effect size menunjukkan nilai d = 1,235. Interprestasi Cohen’s menyatakan presentase pengaruh 88% dan termasuk dalam kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143155 Leyli Agus Tri Kumalasari
Date Deposited: 22 Jan 2019 02:30
Last Modified: 02 Apr 2020 12:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10075

Actions (login required)

View Item View Item