PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

Nur Lu'aily Fauziyah, 1725143226 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (64kB)

Abstract

Nur Lu’aily Fauziyah, 1725143226, Pengaruh Penggunaan Media Grafis Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata Kunci: Media Grafis, Motivasi Belajar, Prestas Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan prestasi belajar siswa karena sebagian besar guru mengajar dengan menggunakan media pembelajaran yang kurang sesuai, alakadarnya, atau bahkan tidak menggunakan media sama sekali. Sehingga peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran grafis. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Apakah ada pengaruh penggunaan media grafis terhadap motivasi belajar?, (2) Apakah ada pengaruh penggunaan media grafis terhadap prestasi belajar?, (3) Apakah ada pengaruh penggunaan media grafis terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media grafis terhadap motivasi belajar, (2) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media grafis terhadap prestasi belajar, (3) Untuk menjelaskan pengaruh media grafis terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling, yaitu boring sampling atau sampling jenuh. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung, sampel yang diambil adalah siswa kelas V-A dan V-B MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Manova, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji manova angket motivasi diperoleh nilai Sig. sebesar 0,025. Nilai Sig.< 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh media grafis terhadap motivasi belajar siswa MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung, (2) Hasil uji manova post test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,002. Nilai Sig. < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh media grafis terhadap prestasi belajar siswa kelas V materi Daur air, (3) Hasil uji manova angket motivasi dan post test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,002. 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh media grafis terhadap motivasi dan prestasi belajar MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd 1725143226 Nur Lu'aily Fauziyah
Date Deposited: 22 Jan 2019 02:29
Last Modified: 22 Jan 2019 02:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10073

Actions (login required)

View Item View Item