Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek

Agustina, Nunik Dita (2012) Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek. [ Skripsi ]

[img] Text
2 Bab 1,2,3,4 dan 5.docx

Download (218kB)
[img] Text
1 Cover.docx

Download (8MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Latar belakang: Seringkali guru tidak memperhatikan metode dalam mengajar sehingga membuat proses pembelajaran yang di lakukan tidak sesuai dengan materi yang di ajarkan. Hal ini berimbas pada prestasi belajar peserta didik yang kurang maksimal. Mata pelajaran IPA merupakan pelajaran yang menawarkan kepada kita untuk dapat memahami kejadian, fenomena, dan keragaman yang terdapat di alam semesta, dan juga memberikan pemahaman bagaimana caranya kita dapat hidup dengan cara menyesuaikan diri dengan hal-hal tersebut, jadi dalam mengajarkan pelajaran IPA khususnya materi gerak benda guru di tuntut untuk bisa membantu para peserta didik agar dapat memahami suatu materi pelajaran dengan cara memperlihatkan atau mempraktekkan secara langsung kejadian atau hal-hal yang terdapat di dalam materi tersebut. Dengan menggunakan metode demonstrasi di harapkan guru mampu menyajikan pelajaran IPA sesuai karakteristiknya sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA secara mendalam. Rumusan Masalah: (1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan keaktifan belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek? (2) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek? (3) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek? (4) Apa saja upaya-upaya guru dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek?. Tujuan penelitian: (1) Mendiskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan keaktifan belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek. (2) Mendiskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek. (3) Mendiskripsikan faktor penghambat dan pendukung penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek. (4) Mendiskripsikan upaya-upaya guru dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek. Metode yang di gunakan dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu metode pemberian tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil dari penelitian ini yaitu penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA pokok bahasan gerak benda mampu meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar. Adapun rata-rata keaktifan peserta didik mulai dari 33,3% menjadi 100% sedangkan prestasi belajarnya dari 66,66% menjadi 85,55%. Dalam menerapkan metode demonstrasi guru (peneliti) juga melibatkan peserta didik untuk ikut berpartisipasi dalam penerapan metode ini di kelas. Sehingga peserta didik akan bisa lebih cepat memahami karena terlibat langsung dan memperagakan langsung dan tidak hanya sebagai penonton. Dengan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran ini menunjukkan bahwa peserta didik telah mengikuti pembelajaran dengan aktif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Feb 2015 06:50
Last Modified: 04 Feb 2015 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1007

Actions (login required)

View Item View Item