استخدام طريقة الخطوط الذّهنية(Mind Mapping) في تعليم مهارة الكتابة للطلاب الصفّ الثّامن في المدرسة المتوسطة السابعة تولونج أجونج الإسلامية الحكومية للعامّ الدّراسيّ ٢۰۱٧-٢۰۱٨ م

DEWI ANISATUL MUFIDAH, 1722143021 (2019) استخدام طريقة الخطوط الذّهنية(Mind Mapping) في تعليم مهارة الكتابة للطلاب الصفّ الثّامن في المدرسة المتوسطة السابعة تولونج أجونج الإسلامية الحكومية للعامّ الدّراسيّ ٢۰۱٧-٢۰۱٨ م. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (536kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (406kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (417kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dewi Anisatul Mufidah, 1722143021, 2018. Penggunaan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis untuk Siswa-siwi Kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung pada Tahun Pelajaran2017-2018. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing : Dr. H. Kojin, M.A. Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Keterampilan Menulis Peneltian ini dilatarbelakangi oleh adanya berbagai macam kesulitan siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis. Dalam hal ini guru menggunakan metode mind mapping untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa. Metode mind mapping dibantu oleh simbol, warna dan gambar dalam penggunaannya. Pembahasan dalam skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui proses pembelajaran metode mind mapping dalam pembelajaran keterampilan menulis dan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan penggunaan mind mapping dalam pembelajaran keterampilan menulis dan solusinya. Fokus Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping dalam pembelajaran keterampilan menulis untuk siswa-siswi kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung? (2) Apa kesulitankesulitan dengan menggunakan metode mind mapping dalam pembelajaran keterampilan menulis untuk siswa-siswi kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung? (3) Bagaimana solusi dari permasalahan dengan menggunakan metode mind mapping dalam pembelajaran keterampilan menulis untuk siswa-siswi kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping dalam pembelajaran keterampilan menulis untuk siswa-siswi kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan dengan menggunakan metode mind mapping dalam pembelajaran keterampilan menulis untuk siswa-siswi kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan solusi dari permasalahan dengan menggunakan metode mind mapping dalam pembelajaran keterampilan menulis untuk siswa-siswi kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung. ر Penelitian ini menggunakan jenis Pendekatan Kualitatif Deskriptif. Yaitu penelitian yang menekankan pada quality terhadap data yang bersifat deskriptif. Adapun tempat penelitian adalah di MTsN 7 Tulungagung. (2) Dalam penelitian ini teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah (1) Proses pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping dalam pembelajaran keterampilan menulis untuk siswa-siswi kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung yaitu (a) Persiapan, dalam proses pembelajaran guru harus mempersiapkan metode, RPP, dan medianya. Guru harus mengetahui tujuan pembelajaran dan indikator pembelajaran yang menjadi pedoman untuk menganalisis guru dengan penggunaan mind mapping yang sesuai dengan tujuan pembelajarannya. (b)Proses, penggunaan mind mapping diawali dengan doa, dan pembelajaran pendahuluan, petunjuk untuk membuat mind mapping, membagi siswa dengan berkelompok, dan mengeluarkan alat-alat yang akan digunakan untuk membuat mind mapping dilanjutkan dengan proses pembuatan. (c) tes dalam penggunaan mind mapping untuk menunjukkan hasil belajar siswa dalam menulis dengan menggunakan mind mapping. (2) Adapun kesulitan-kesulitan dengan menggunakan metode mind mapping dalam pembelajaran keterampilan menulis untuk siswa-siswi kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung yaitu (a) Kesulitan dari segi guru yaitu siswa membutuhkan waktu yang lama dalam membuat mind mapping. (b) Adapun kesulitan dari pengorganisasian kelas yaitu tidak semua siswa membawa alat-alat untuk membuat mind mapping. (3) Adapun solusi dari kesulitan dengan menggunakan metode mind mapping dalam pembelajaran keterampilan menulis untuk siswa-siswi kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung yaitu (a) menggunakan waktu dengan baik untuk mempersiapkan media yang mendukung dalam membuat mind mapping. (b) mendorong siswa untuk disiplin membawa alat yang dibutuhkan. Dan guru sebaiknya memberikan penghargaan kepada siswa yang membuat mind mapping terbaik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 1722143021 DEWI ANISATUL MUFIDAH
Date Deposited: 09 Jan 2019 07:44
Last Modified: 09 Jan 2019 07:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10023

Actions (login required)

View Item View Item