UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA JATISARI KADEMANGAN BLITAR

MOHAMMAD MAHMUD FAUZI, 1725143180 (2019) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA JATISARI KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (341kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (258kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Mohammad mahmud Fauzi, NIM. 1725143180, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dengan judul “Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan Blitar”, yang dibimbing oleh Dr. Susanto, M.Ag., NIP. 19670715 1997031 002 Kata Kunci : Upaya Guru, Kesulitan Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kemerosotan minat belajar diberbagai kalangan, sehingga mereka mengalami kesulitan belajar untuk menanggulangi hal tersebut diperlukan adanya upaya guru bagaiman cara proses pembelajaran tersebut bisa lancar. Maka meneliti apa yang harus di lakukan guru dalam membantu kesulitan belajar siswa itu mearik untuk di lakukan, seperti yang di alami di Kelas IV MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan Blitar menggunakan kegiatan pembelajaran yang bermacam-macam untuk meningkatkatkan minat belajar siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah, (1)Bagaimana bentuk kesulitan belajar yang di alami siswa siswa kelas IV MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan Blitar?, (2) Bagaimana tindakan guru dalam menangani kesulitan belajar siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan Blitar?, (3) Bagaimana hambatan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas IV MI Mifatahul Huda Jatisari Kademangan Blitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder, yang meliputi place, person, danpaper. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dari Miles dan Huberman yang meliputi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan untuk mengecek keabsahan data, digunakan tiga kriteria, yaitu Tahap pendahuluan, tahap penyaringan, dan tahap melengkapi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa, (1)pendekatan yang yang di gunakan guru MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan Blitar pada kelas IV dengan melakukan (a), perbaikan, (b), pengayaan, (c), Motifasi pada siswa. Pembelajaran ini di diterapkan dengan berbasis pembiasaan, sehingga kegiatan dilaksanakansecara berulang-ulang atau rutin dengan tujuanagar dapat terbentuk kebiasaan dan pembelajaran yang baik pada diri peserta didik. Selain itu peran guru dalam membimbing, mendidik, serta mengajar di setiap kegiatan pembelajaran yang diterapkan juga turut membantu dalam mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan yang baik dan berkualitas pada peserta didik. (2) bentuk-bentuk kesulitan belajar yang ada di kelas IV MI Mftahul Huda JatisariKademangan Blitar yaitu di antara lain (a), berkesulitan membaca, (b), kesulitan belajar Menulis, (c), kesulitan belajar menghafal.dengan ketlatenan ibu guru membiasakan siswanya yang sedang berkesulitan belajar untuk mengerjakan tugas tambahan siswa menjadi terbiasa mengerjakan tugas dikit demi sedikit siswa menjadi mengerti dengan kesulitan yang di alaminya (3) hambatan yang dialami dalam menjalankan pembelajarang yang ada di kelas IV MI Miftahul Huda Jatisari Kademngan Blitar yaitu antara lain: a), kurangnya sarana dan prasarana pendukung kegiatan keagamaan, b) peserta didik yang kurang disiplin,. Kemudian solusi yang digunakan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan cara guru memberikan pendampingan pada peserta didik serta pihak sekolah secara sedikit demi sedikit terus memperbaiki sarana dan prasaran penunjang kegiatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143180 MOHAMMAD MAHMUD FAUZI
Date Deposited: 09 Jan 2019 03:29
Last Modified: 09 Jan 2019 03:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10009

Actions (login required)

View Item View Item