EFEKTIFITAS TERAPI SEFT TERHADAP PENURUNAN BURNOUT PADA GURU PAUD DI KECAMATAN SUMBERGEMPOL

AMRINA KHABIBATUL KHAQIQOH, 1733143007 (2019) EFEKTIFITAS TERAPI SEFT TERHADAP PENURUNAN BURNOUT PADA GURU PAUD DI KECAMATAN SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (803kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)

Abstract

ABSTRAK Amrina Khabibatul Khaqiqoh. 2018. Efektifitas Terapi SEFT terhadapa penurunan burnout pada Guru PAUD di Kec Sumbergempol, Skripsi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi, IAIN Tulungagung, Pembimbing Hj. Uswah Wardiana M,Si. Kata kunci : Terapi SEFT, burnout, Guru PAUD Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu fenomena burnout yang terjadi pada Guru PAUD di Kec Sumbergempol, karna banyak yang mengalami burnout hal ini berdampak pada performa kerja yang menurun, seperti tidak semangat untuk bekerja, sering bolos bekerja dan keinginan – keinginan untuk keluar dari pekerjaannya. Dalam penelitian ini peneliti mencoba melakukan sebuah eksperimen pada Guru PAUD yang berada di Kec Sumbergempol untuk menurunkan burnout yang di alaminya, untuk menurunkan burnout tersebut peneliti menggunakan terapi Spritual Emotional Freedom Technique atau yang biasa kita kenal dengan terapi SEFT. Rumusan Masalah dalam skripsi ini adalah ( 1 ) apakah Terapi SEFT Efektif terhadap penurunan burnout pada Guru PAUD di Kec Sumbergempol. ( 2 ) Seberapa besar efektifitas Terapi SEFT Terhadap Penurunan Burnout pada Guru PAUD di Kec Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 33 responden kemudian di ambil sampel yang berjumlah 16 responden dengan pembagian kelompok eksperimen 8 responden dan kelompok pembanding 8 responden. Data penelitian diperoleh dari kuesioner yang disebar ke responden untuk mengetahui data tingkat burnout pada Guru PAUD di Kec Sumbergempol. Hasil hitung uji nilai gain score antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan menggunakan uji mann whitney didapatkan niali asymp. Sig (2- tailed) sebesar 0,000 karena nilai asymps.Sig (2-tailed ) < 0,05 atau 0,000 < 0,05 maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji mann whitney dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil pengisian kuesioner burnout kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Sedangkan hasil uji beda pretest dan posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakan uji wilcoxon signed ranks tetst didapatkan nilai asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.001 karena nilai Asymp Sig.(2-tailed) < 0,05 atau 0,001 < 0,05 maka sesuai dasar pengambilan keputusan Wilcoxon signed ranks test dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pengisian kuesioner burnout saat pre test dan post test kelompok eksperimen. Untuk mengetahui tingkat efektivitas terapi SEFT terhadap penurunan burnout pada Guru PAUD di Kec Sumbergempol dengan menggunakan sumbangan regresi linier dan didaptkan nilai R Square sebesar 0,719 atau 71,9 %. Dalam hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa.adanya efektifitas Terapi SEFT terhadap penurunan Burnout pada Guru PAUD di Kec Sumbergempol

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi
Depositing User: 1733143007 AMRINA KHABIBATUL KHAQIQOH
Date Deposited: 08 Jan 2019 08:06
Last Modified: 08 Jan 2019 08:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10005

Actions (login required)

View Item View Item