PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VI DI SEKOLAH BANBANGOKASOH PATTANI THAILAND

SAINA UKONG, 1721143362 (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VI DI SEKOLAH BANBANGOKASOH PATTANI THAILAND. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompentensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VI di Sekolah Banbangokasoh Pattani Thailand” ini ditulis oleh Saina Ukong, NIM. 1721143362, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Indah Khomsiyah, M.Pd. Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, dan Hasil Belajar Dalam lembaga pendidikan, guru merupakan komponen yang penting dimana ia sebagai pelaku, pelaksana dan ujung tombak proses pendidikan dalam hal pendidikan dan pengajaran. Kualitas proses pembelajaran membutuhkan pengembangan sumber daya manusia pendidik, khususnya pengembangan kompetensi guru, ini merupakan usaha mempersiapkan guru agar memiliki berbagai wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan memberi rasa percaya diri untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya. Dalam hal ini, peneliti menganalisa kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru dirasa sangat berperan penting dalam mempengaruhi secara langsung hasil belajar siswa di sekolah Banbangokasoh Pattani Thailand. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh pedagogik guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VI sekolah Banbangokasoh Pattani Thailand? (2) Adakah pengaruh kompetensi profresional guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VI sekolah Banbangokasoh Pattani Thailand? (3) Adakah pengaruh pedagogik dan kompetensi profresional guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VI sekolah Banbangokasoh Pattani Thailand? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Ada atau tidaknya pengaruh kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar Pendidik Agama Islam siswa kelas VI di Banbangokasoh Pattani Thailand. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh kompetensi profesianal guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar Pendidik Agama Islam siswa kelas VI di Banbangokasoh Pattani Thailand. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh kompetensi guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar Pendidik Agama Islam siswa kelas VI di Banbangokasoh Pattani Thailand. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian korelasi, yaitu “Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan variabel-variabel lain”. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI di Banbangokasoh Pattani yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengabilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan mengambil perhitungan yangdikemukakan Siharsimi Arikunto. Banyaknya sampel pada penelitian ini adalah 12 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket, observasi, dukomentasi. Analisis data dan uji hipotensis dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar Pendidik Agama Islam siswa kelas VI di sekolah Banbangokasoh pattani. Di buktikan dengan hasil penelitian yaitu sig. 0,042 < 0,05 dan besar pengaruhnya dibuktikan dengan RSquare0.59 = 59%. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara komprtensi profesional guru mata plajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VI di sekolah Banbangokasoh Pattani. Di buktikan dengan hasil penelitian yaitu sig. 0,048 < 0,05 dan besar pengaruhnya dibuktikan dengan RSquare 0,236 = 23.6%. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru mata pelajaran Pendidikan Agana Islam terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di sekolah Banbangokasoh Pattani. Di buktikan dengan hasil penelitian yaitu 0,000 < 0,05 dan besar pengaruhnya dibuktikan dengan RSquare0,336 = 33.6%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143362 SAINA UKONG
Date Deposited: 16 Jan 2019 02:55
Last Modified: 16 Jan 2019 02:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10002

Actions (login required)

View Item View Item